Work From Home Asik Bareng Telkomsel CloudX, Tetap Eksis Di Masa Pandemi

Pernah enggak sih kamu membayangkan kalau tahun 2020 akan sedramatis ini? Sejak pandemi datang, kebiasaan baru pun mau enggak mau harus dilakukan. Pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak, enggak berkumpul dan berkerumun, dan yang paling wajib adalah rajin cuci tangan. Untukku yang sering keluar rumah untuk kerja atau sekadar kongkow bareng temen, perubahan ini pun jadi tantangan tersendiri. Bayangin aja, aku yang biasanya dalam sehari bisa ketemu sampai dua puluh orang, baik itu rekan kerja atau temen nongkrong, sekarang harus puas hanya dengan menatap mereka lewat layar ponsel atau virtual meeting. Selain itu, tantangan terbesar lainnya adalah dengan menahan diri untuk tetap di rumah dan enggak keluar kalau enggak penting-penting amat.

That’s why kebutuhanku untuk paket data internet pun jadi membludak. Biasanya, aku bisa surfing di internet pakai jaringan wifi kantor atau kafe tempat aku kerja. Sekarang, aku harus memaksimalkan paket data di gawai untuk segala kebutuhan internetku. Kalau biasanya tiap bulan aku cuma habiskan sekitar 7GB untuk data internet, setelah pandemi dan harus tinggal di rumah, bahkan 40GB pun selalu kurang. Apalagi kalau harus video conference pakai Zoom bareng sama komunitas, temen main, atau rekan kerja. Wushhhh, habisnya secepat air mengalir. Yes, this condition is killing my wallet softly. Tapi hei, bukan jemaah internet andal namanya kalau enggak bisa ngakalin situasi dan cari alternatif untuk menyiasati kebutuhan ini.

Sebagai pengguna Telkomsel garis keras, aku sering banget manfaatin aplikasi MyTelkomsel untuk cek-cek promo paket yang mereka kasih. Engga hanya promo, aku juga lebih nyaman isi paket atau pulsa lewat aplikasi ini daripada harus dilakukan manual ke counter pulsa di dekat rumah. Kalau ada yang simple kenapa harus lelah jauh-jauh ya, kan.

Dari MyTelkomsel juga aku tau kalau operator kecintaanku ini punya produk berlangganan baru yang bernama Telkomsel CloudX. Awalnya bingung juga sih ini paket berlangganan yang bagaimana, selama ini ngertinya cuma beli paket kuota internet biasa. Terus ya sudah, aku baca saja detil informasi paket CloudX ini.

Jadi ternyata, paket Telkomsel CloudX adalah paket yang dapat digunakan pada aplikasi CloudX Telkomsel. Platform CloudX  ini memungkinkan kita untuk bisa terhubung dengan rekan bisnis, keluarga, atau komunitas melalui video conference meeting atau virtual classroom dengan kapasitas hingga 100 orang dengan menyewa virtual meeting room sekaligus menjadi host meeting. Dengan kata lain, CloudX ini merupakan aplikasi selain Zoom dengan layanan yang serupa. Untuk kita yang sudah biasa menggunakan aplikasi virtual meeting, layanan Telkomsel CloudX ini bisa jadi alternatif andalan untuk bisa virtual meeting bareng kolega. Untuk bisa menggunakan CloudX, kita sebagai user diharuskan mengambil paket CloudX pada aplikasi MyTelkomsel.

Setelah mengetahui detail informasi #CloudXbyTelkomsel, saya mulai mencoba membeli paketnya. Pertama, tentu saya sudah buka aplikasi MyTelkomsel, terus pilih menu Paket Conference, lalu akan ada menu Paket Langganan CloudX Conference. Setelah itu, klik “Buy” dan kita bisa melakukan pembayaran baik dengan pulsa ataupun dengan LinkAja. Setelah melakukan pembayaran, kita akan dapat SMS dari 3636 yang kasih tau kalau purchase kita berhasil, termasuk detail akun CloudX dan password, dan Paket CloudX ini sudah bisa kita digunakan. Jangan lupa untuk download aplikasi CloudX di Google Playstore dulu, ya. Lalu masukkan username CloudX account-mu beserta password yang ada di sms tadi. Tadaaa! Layanan Telkomsel CloudX pun sudah siap untuk kita jadi host di virtual meeting. Simpel banget, kan?

Layanan CloudX, Mudah dan Sederhana dengan Jaringan Terbaik

Nah, kalau kamu sudah berlangganan paket CloudX ini, kamu bisa menikmati layanan online video conference lengkap dengan berbagai macam fitur. seperti share screen, whiteboard, dan on room chat yang berkapasitas maksimal 100 orang. Oiya, aplikasi CloudX ini juga bisa diakses dari perangkat android, Windows, MacOS, ataupun web browser. Paket yang kamu beli senilai Rp250.000 aja, itu sudah termasuk kuota 30GB untuk akses CloudX selama 30 hari, ya.

Jadi manfaatkan paket CloudX sepuasnya untuk bikin WFH-mu lancar, dan tetap eksis walau di rumah aja. Paket langganan CloudX ini bisa dibeli melalui nomor Telkomsel prabayar (SimPATI, KARTU As, dan LOOP), terutama untuk kamu yang jadi host dari virtual meeting tersebut, tapi untuk join meeting, teman kamu bisa kok pakai jaringan internet dari operator lain. Satu hal lagi yang harus kamu tau, biaya paket Langganan CloudX ini dibebankan pada si pembeli paket, so, partisipan lain enggak perlu ikutan bayar, cukup lengkapi gawai mereka dengan internet dan download aplikasi CloudX, dan mereka sudah bisa ikutan virtual meeting.

Untuk ukuran orang yang doyan coba-coba aplikasi virtual meeting, ternyata CloudX itu simple banget, dan aman. Enggak perlu bikin akun sendiri dan konfirmasi via email kayak meeting platform lain. Belum lagi aku yang kadang lupa sama password sendiri. Menurutku, aplikasi ini sederhana dan mudah, bahkan untuk orang yang kurang mahir dalam hal teknologi. Selain itu, kita juga bisa mengubah password untuk akun CloudX yang kita punya dengan password yang kita inginkan, andaikata, password yang diberikan oleh operator sulit kita ingat. Caranya mudah kok, cukup hubungi UMB *363*222# dan kamu akan diarahkan untuk pengubahan password.

Why I call it so simple? Terlepas dari aku yang WFH dan butuh banyak banget kuota internet, CloudX ini juga ramah untuk digunakan oleh orangtua. Ibuku yang seorang guru dan harus memonitor sekolah daring dengan para muridnya ini nyatanya bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Pengalamanku mengajari ibuku menggunakan aplikasi virtual meeting yang cukup melelahkan karena faktor usia dan kecakapan ibuku dalam menggunakan gadget dan sosial media, ternyata tidak berlaku saat aku menunjukkan penggunaan Telkomsel CloudX ini.

Langkah-langkah yang simple dan cepat, dapat dengan mudah beliau mengerti. Begitu juga dengan kegiatan pelatihan daring yang dilakukan ibuku dengan guru-guru lainnya. CloudX memberikan pengalaman baru virtual meeting ibuku, terutama dari sisi kemudahan dalam penggunaan. Look, benar kan? Semudah itu memang pakainya.

Perkara jaringan, tinggal di wilayah yang jauh dari pusat kota, enggak bikin aku uring-uringan untuk komunikasi. Telkomsel has the best network, everyone knows it, lah. Bahkan untuk ukuran dusun kecil, seperti lingkungan rumahku ini punya tower Telkomsel dan menjamin kenyamanan dalam akses komunikasi dan informasi. Jadi enggak ada lagi yang namanya loading lambat tiap internetan.

Begitu juga dengan penggunaan #CloudXbyTelkomsel ini, karena jaringannya juga menggunakan koneksi Telkomsel, jadi enggak perlu was-was komunikasi bakal terganggu. Seperti yang aku coba kemarin, video conference bareng temen yang ada di luar kota. Nelly di Bali, Juju di Jakarta, dan Sheila di Medan, sementara aku di Langkat, dan ternyata jaringannya lancar tanpa buffering. Kami yang udah lama banget enggak ketemu, akhirnya bisa ngobrol lumayan lama tanpa ada gangguan koneksi sama sekali. Oiya, ini juga jadi bukti kalau jaringan Telkomsel bisa dirasakan di seluruh penjuru Indonesia, lho.

Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang CloudX

Semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan teknologi dan penyedia layanan komunikasi terutama di masa pandemi ini, Telkomsel turut memberikan sumbangsih dengan menghadirkan Telkomsel CloudX sebagai jawaban kebutuhan virtual meeting. Jika kamu ingin berlangganan, ketahui beberapa hal penting berikut, ya:

  • Hanya nomor yang membeli Paket Langganan CloudX yang dapat menjadi host meeting.
  • Pembelian paket hanya tersedia melalui aplikasi MyTelkomsel.
  • Paket dapat langsung digunakan setelah pembelian berhasil.
  • Setelah masa berlaku habis, akun host CloudX tidak dapat digunakan.
  • Aplikasi CloudX dapat didownload melalui Play Store (Android) dan App Store (iOS)
  • Setelah mendapatkan notifikasi pembelian paket berhasil, pelanggan dapat mengubah password melalui UMB *363*222#

Well, tetap kerja dari rumah dan mematuhi protokol kesehatan sejatinya bukan hal yang susah kok. Ditemani jaringan internet yang stabil dan layanan virtual meeting dari CloudX, bakal bikin WFH kamu jadi makin asik. Jangan jadikan kondisi yang tidak menyenangkan selama pandemi ini sebagai halangan kita untuk berkarya dan tetap eksis, ya. Semua akan bisa kita lewati dengan senang hati. Yok bisa yok.

20 Comments Add yours

  1. Ayi Prima berkata:

    Duh, saya aja yang emang aslinya jarang keluar rumah bisa stres, apalagi yang sebelumnya aktif keluar rumah ya? Untung masih bisa sedikit terobati dengan ketemuan secara virtual. Biarpun ga bisa ketemu langsung tapi lumayanlah daripada yang diliat muka orang rumah melulu. 😀

    Suka

  2. ndiievania berkata:

    mba enak banget itu ada penyangga hp buat meeting yaa. jadi pengen deh, hehehe..
    btw cloudx ini kayaknya buldep aku bakal pake deh, soalnya ada jadwalnya. tp aku belum donlot, hahaa

    Suka

    1. Dessy Achieriny berkata:

      Suamiku juga pelanggan setia Telkomsel. Wah iya nih, selama pandemi jadi sering ikut webinar dan ngadain meeting virtual. Penting Banget supaya jaringan tetep stabil, Telkomsel CloudX ini apalagi ada layanan virtual meeting gini ya

      Suka

  3. Reyne Raea / Rey berkata:

    Telkomsel memang juara banget karena dia menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia, ortu saya juga tinggal di luar kota di Sulawesi sana, dan cuman telkomsel yang bisa diandelin.

    Makanya saya selalu setia ama Telkomsel sejak dahulu kala, apalagi banyak banget ya pilihan paketannya 🙂

    Suka

  4. aku belum pernah pakai cloudx mbak, tapi emang bener ya internet jaman sekarang tu harus banget, apalagi semua serba online

    Suka

  5. Dessy Achieriny berkata:

    Suamiku pelanggan setia Telkomsel mbak. Semenjak pandemi jadi sering ikut webinar dan ngadain meeting ya. Perlu banget nih Telkomsel CloudX ada layanan virtual meeting supaya jaringan tetep stabil.

    Suka

  6. Rach Alida berkata:

    Sejak kenal CloudX, aku pakai terus mba paketannya. Hahaha. Soalnya mudah juga terhubung dengan orang lain 🙂

    Suka

  7. Diah berkata:

    Ah…30 GB seharga 250 ribu, terjangkau ya! Di tempatku sinyal telkomsel juga bagus. Tfs ya

    Suka

  8. Keke Naima berkata:

    Kalau mau dipakai untuk PJJ pun harus kompakan ya pakai paket yang sama supaya bisa menggunakan Telkomsel CloudX. Tetapi, kalau memudahkan jadinya kan seneng belajar jarak jauh

    Suka

  9. Nchie Hanie berkata:

    MAkin nyaman WFH nih yaa , ga diragukan lagi kalo produk Telkomsel emang juara sinyalnya dimana mana. Aplagi dengan CloudX makin mempermudah dan tetep bisa eksis terus meski pandemi begini.

    Suka

  10. Helena Magdalena berkata:

    Aku pengguna Telkomsel juga, berarti bisa pake dong ya nih? asik, pas banget sering ngadain virtual meeting tp kdg2 keok jaringannya wkwkwk, ya klo udh pake tsel pasti aman lah ya

    Suka

  11. @nurulrahma berkata:

    Platform CloudX ini memungkinkan kita untuk bisa terhubung dengan rekan bisnis, keluarga, atau komunitas melalui video conference meeting atau virtual classroom dengan kapasitas hingga 100 orang dengan menyewa virtual meeting room sekaligus menjadi host meeting.

    Asik bangeett kapasitasnya bisa sampai 100 orang! Butuh install app ini nih, supaya meeting lancar jayaaa

    Suka

  12. bicaraahati berkata:

    Eksis bnget. Karena aku pun menggunakannya. Jaringan telkomsel, gak perlu diragukan. Luas tanpa batas

    Suka

  13. Cici Desri berkata:

    banyak banget nih minggu ini yang bikin kelas di cloudX sampe bingung mau ikut yang mana, bagus-bagus temanya.

    Suka

  14. Afifah berkata:

    Dari biasa 7 GB, sampai jadi sekitar 40 GB. Wow.
    CloudX menarik juga, nih. Partisipan nggak perlu keluar kuota, Mbak? Memudahkan untuk yang mengikuti banyak kelas. Bisa hemat.

    Suka

  15. Kartika Nugmalia berkata:

    Huhuuu…iya akupun sama. semenjak WFH dan anak anak juga SFH kayanya kebutuhan internet makin meledak aja. Balum lagi suami yang kalau kuliah harus online tiap hari, sehari bisa 3 kuliah dengan videocall. kalau nggak segera cari solusi beneran bisa mabok ya. untung ada Cloud X yang bisa menjawab keresahan emak emak puyeng macam aku.

    Suka

  16. lendyagasshi berkata:

    Bener ya…
    Gak nyangka banget kalau dunia bakalan begini. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua sementara ini menggunakan Layanan CloudX dari telkomsel dulu…agar semua urusan beres.

    Suka

  17. Untuk jangkauan sampai ke daerah yang jauh, Telkomsel tetap d best ya. Boleh juga nih pilihan menggunakan CloudX ini. Belum pernah nyobain nih selama ini, taunya klo vidconf ya z**m aja.

    Suka

  18. Aprillia Ekasari berkata:

    Wah ini alternatif lain selain pakai aplikasi meeting yang sblmnya sering kita gunakan ya mbak. Lrbih murah jg.
    Ini yang jadi host wajib pakai Telkomsel ya, sedangkan pesertanya bisa pakai apa aja gtu ya?
    Makasih infonya nbak

    Suka

  19. Keren ya Telkomsel melaunching paket ini. Kmrn aku sempat ikut seminar di CloudX dan mantap kok. Sinyal bagus, aplikasi mirip zoomnya juga oke dan user friendly

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s