Furious 7: Feels Like A Farewell Ride

FURIOUS7

Sutradara: James Wann
Pemain: Vin Diesel, Paul Walker, Dwayne Johnson, Jason Statham, Michelle Rodriguez, Ludacris, Tyrese Gibson.
Genre: Action, Crime, Thriller
Produksi: Universal Pictures

“If one day the speed kills me, do not cry because I was smiling” – Paul Walker

Jujur saja, menonton film ini seakan menyiapkan diri untuk melihat Paul Walker balapan terakhir kalinya. Ekspektasi saya pun lumayan tinggi akan film ini. Tentunya tentang bagaimana cara Universal Pictures menghidupkan sosok Paul kembali dan menyelesaikan film yang telah merambah selama lima belas tahun ini. Film terbaru dari franchise Fast & Furious garapan James Wann ini memang memberikan sesuatu yang berbeda dengan keenam film sebelumnya. Tapi bukan berarti ada cerita segar dalam film ini yang membuat kita berdecak kagum.

Furious 7 menyajikan kelanjutan dari Fast & Furious 6, dimana Deckard Shaw muncul pertama kali. Shaw (Jason Statham) merupakan kakak dari Owen Shaw (Luke Evans) penjahat yang dilumpuhkan Dom cs di Fast & Furious 6. Deckard Shaw yang merupakan eks inteligen tangguh Inggris menuntut balas pada kelompok Dom. Han (Sung Kang) menjadi korban pertamanya saat balapan mematikan di Tokyo. Kemudian pembalasan dendam pun berlanjut kepada keluarga Dom, saat rumah mereka porak poranda dibom. Efek ledakan yang disajikan pun cukup menggelegar, sesuatu yang serasa wajib ada di film ini.

Kejadian ini pun memulai aksi saling balas antara Dom dan Shaw. Namun muncullah sosok Frank Petty (Kurt Russel) yang menawarkan kerjasama. Membebaskan hacker perempuan bernama Ramsey (Nathalie Emmanuel) yang menciptakan God’s Eye dan menukarnya dengan Shaw. Hubungan mutualisme antar keduanya pun terjadi.

Layaknya film Fast & Furious lainnya, Furious 7 pun menyajikan berbagai aksi balapan yang cukup menegangkan. Namun jika Anda adalah penggemar setia film ini, Anda pasti sudah tidak kaget lagi dengan tiap aksi yang ada. Sesuatu yang memberikan kesegaran tersendiri adalah justru unsur komedi yang ada didalamnya. Percakapan penuh lelucon khas Roman (Tyrese) dan Tej (Ludacris) menjadi penghiburan tersendiri di film ini.

Salah satu adegan favorit saya adalah ketika Dom cs berusaha mencuri God’s Eye yang tertanam pada super car milik miliarder Dubai. Perempuan berpakaian seksi yang meliukkan tubuh dan pertarungan antar Letty dan bodyguard perempuan sang miliarder pun memberi sentuhan tersendiri. Bukan hal baru jika Dom cs membuat kerusuhan di suatu negara tanpa ragu. Sebut saja saat mereka menghancurkan jalanan Rio De Jeneiro di film keenam mereka. Maka tak ayal, tiga gedung pencakar langit di Dubai itu pun turut merasakan aksi mereka.

Furious 7 pun seolah menjawab pertanyaan khalayak tentang kelanjutan acting dari Paul Walker yang tewas pada 2013 lalu, sebelum film ini selesai. Dengan teknik CGI (Computer Graphic Imagery) yang ber-budget lumayan besar dan diperankan oleh dua adik Paul, Cody dan Caleb Walker, sosok Paul Walker pun terlihat begitu nyata. Walaupun jika diperhatikan dengan jelas, ada beberapa hal yang sedikit berbeda. Tapi tetaplah mata biru yang begitu memesona.

Di akhir film, James Wann menghadirkan cuplikan keenam film Fast & Furious sebelumnya untuk memberikan sosok Paul Walker sejak awal film hingga sekarang. Diiringi dengan soundtrack berjudul See You Again yang dibawakan oleh Wiz Khalifa dan Charlie Puth, cukup memberi kesan yang mendalam. Ditambah dengan sebuah narasi yang dibawakan Vin Diesel, dan sebuah adegan antara Dom dan Brian yang berkendara untuk terakhir kalinya, dan berpisah pada jalan yang bercabang nampaknya memberikan kesan perpisahan tersendiri akan actor muda tersebut. Paul Walker pun dibuat pensiun dengan cara yang elegant.

PS. Artikel ini pernah dimuat di majalah Kover edisi April-Mei 2015

tumblr_inline_npch7bZoBr1sxtro0_540

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s