Move On, Bukan Buah Simalakama

breakup-quotes-hd-wallpaper-18

Dalam cinta, tak semua perasaan akan berbalas, dan tak semua cerita akan berakhir bahagia.

Jatuh cinta, menjalin hubungan, dan melakukan perencanaan di dalamnya adalah yang wajar dilakukan sepasang kekasih. Berharap bahwa hubungan yang sedang dibina akan berlanjut ke jenjang yang diimpikan tiap pasangan. Tapi bagaimana jika rencana hanya sebatas wacana, dan cinta hanya kata yang muncul tanpa makna? Patah hati, pada akhirnya bukanlah akhir dari perputaran dunia. Tapi nyatanya, tak semua orang mampu berkompromi dengan kondisi patah hati. Lagu balada, suasana hati yang naik turun, menangis hingga saban waktu, dan parahnya, meratapi diri. Move on, memang tak semudah menyebutkannya. Berbagai cara dan fase harus dilewati. Tapi bukan berarti move on adalah hal yang sulit dan pahit, bak buah simalakama. Beberapa cara sederhana dapat Anda lakukan untuk berusaha move on dan melupakan hubungan yang gagal di masa lalu.

  • Bersedihlah Sewajarnya

Patah hati, kegagalan hubungan, perasaan yang bertepuk sebelah tangan memang menjadi penyebab wajar seseorang bersedih. Tapi apa bersedih hingga terpekur berhari-hari adalah jalan keluar dari patah hati? Jika Anda bersedih, maka sedihlah sewajarnya. Pada akhirnya, apapun yang terjadi dalam hidup selalu punya alasan tersendiri. Urusan asmara salah satunya. Ketika Anda bersedih, Anda mungkin mulai memikirkan bagian yang salah dalam diri Anda, memaksa Anda untuk berkaca dan kadang, malah menyalahkan diri sendiri. Jika percintaan Anda tak sejalan dengan apa yang Anda impikan, bukan berarti kesalahan ada pada diri Anda, mungkin saja, waktu yang belum tepat bagi Anda untuk menemukan cinta yang tepat.

  •  Cintai Dirimu Sendiri

Kehilangan seseorang yang dicintai, bisa saja membuat orang marah, kecewa, sedih dan sebagainya. Ketika Anda mengalami patah hati, dan ingin melupakannya, mulailah dengan mencintai diri Anda sendiri. Betapa berharganya Anda, waktu-waktu dan kesempatan dalam hidup yang Anda miliki. Ingatlah betapa bahagianya Anda ketika Anda masih sendiri. Hal ini akan mampu mengembalikan semangat Anda yang sempat menurun karena patah hati.

  • Delete Your Ex’s Storage

Berhentilah menyimpan barang peninggalan cinta lama Anda. Ini akan membuat Anda semakin ingat dan merindukan saat-saat yang pernah Anda lewati bersama. Singkirkan segala sesuatu yang mampu mengingatkan Anda padanya. Barang-barang pemberian seperti boneka, pakaian, parfum dan lainnya bisa menjadi katalisator ingatan Anda. Termasuk juga dengan pesan singkat dan milis romantic Anda bersama pasangan terdahulu. Hapus dan buang segala sesuatu yang berkaitan dengannya, lamat laun kenangan tentangnya pun akan hilang dari pikiran Anda.

  • Lakukan Apa Yang Anda Suka

Dengarkan musik, pergi berbelanja, jalan-jalan, atau wisata kuliner yang Anda gemari. Melakukan apa yang Anda suka mampu mengurangi rasa sedih dan kurang semangat yang terjadi pasca patah hati. Anda juga bisa mengganti penampilan menjadi lebih menarik. Seperti potong rambut, nail arts, atau sekedar melakukan perawatan ke salon untuk lebih merelaksasi tubuh Anda.

  • Get A Holiday

Mengunjungi tempat baru dapat memberi Anda energi baru. Pergilah berlibur, sendiri atau bersama dengan teman. Menghabiskan waktu sembari menikmati keindahan alam dan menggunakan waktu dengan berkualitas bisa membuat Anda lebih mudah melupakan sakit hati yang Anda dapat. Lepaskan kepenatan Anda, dan berliburlah.

happy-woman

  • Back To Life

Patah hati bukan akhir dari kehidupan. Setelah Anda merasa puas dengan meluapkan perasaan Anda, maka kembali ke kehidupan Anda adalah satu cara penting untuk move on dan melupakan sakit hati. Lakukan kegiatan Anda sehari-hari, dan bersosialisasilah dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Kesibukan dan kegiatan tersebut akan mampu membuat Anda lebih menikmati kesendirian dan melupakan kegagalan asmara Anda terdahulu.

*tulisan ini pernah dimuat di Majalah Kover edisi Juni untuk rubrik Love and Sex*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s